INOVASI BIMBINGAN KARIR: JALUR DIRI (Jelajahi Potensi, Tentukan Arah Karir) 2024

Oleh: Suhardin, S.Pd.,M.M. (Kepala SMP Negeri 10 Kota Bima

Latar Belakang Program

Siswa SMP kelas 9 berada di masa krusial untuk menentukan arah pendidikan dan karir mereka. Dengan latar belakang geografis yang unik, yaitu pesisir pantai dan lereng gunung, siswa SMPN 10 Kota Bima memiliki potensi karir yang khas. Program ini dirancang untuk memaksimalkan potensi lokal tersebut sambil tetap membuka wawasan mereka terhadap karir-karir modern.

Inovasi "JALUR DIRI: Jelajahi Potensi, Tentukan Arah Karir" dirancang untuk memberikan bimbingan karir yang relevan dan kontekstual bagi siswa kelas 9 SMPN 10 Kota Bima. Dengan mempertimbangkan domisili siswa yang berada di wilayah pesisir pantai dan lereng gunung, program ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi lokal sebagai bekal karir masa depan, sejalan dengan inovasi yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Tujuan

 1.      Memberikan pemahaman komprehensif tentang potensi karir berbasis sumber daya alam lokal.

 2.      Mengembangkan keterampilan digital siswa untuk mempromosikan potensi lokal.

 3.      Membantu siswa membuat keputusan yang tepat dalam memilih sekolah lanjutan.

 4.      Meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam merencanakan masa depan.

 Inovasi ini mengintegrasikan kearifan lokal dengan pendekatan bimbingan karir yang modern dan interaktif.

1.      Modul “Jejak Profesi Lokal”: Modul ini fokus pada pemetaan potensi karir yang ada di sekitar tempat tinggal siswa, dengan aktivitas meliputi:

a.    "Sehari Bersama Pak Nelayan/Ibu Petani": Siswa diajak untuk shadowing (mengikuti) pekerjaan sehari-hari nelayan atau petani. Ini memberikan pengalaman nyata tentang tantangan dan peluang di sektor perikanan atau pertanian.

b.    "Diskusi Karir Lintas Generasi": Mengundang tokoh masyarakat setempat (misalnya, ketua kelompok tani, pengelola wisata pantai, atau pengusaha lokal) untuk berbagi pengalaman dan wawasan karir.

c.    Pameran Usaha Mikro Lokal: Mengadakan pameran di sekolah yang menampilkan produk-produk lokal dari orang tua atau masyarakat sekitar, seperti kerajinan tangan, olahan laut, atau hasil pertanian.

2.      Modul “Merangkai Masa Depan Digital”: Modul ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pada karir-karir yang tidak terbatas pada pekerjaan konvensional, terutama yang berkaitan dengan teknologi dan pariwisata, dengan aktivitas:

a.    Workshop Konten Kreator: Mengajarkan siswa cara membuat konten menarik (video, foto, tulisan) untuk mempromosikan keindahan alam dan produk lokal.

b.    Pelatihan 'Pemandu Wisata Cilik': Melatih siswa untuk menjadi pemandu wisata sederhana yang menguasai informasi tentang objek wisata di sekitar mereka, seperti pantai atau situs sejarah.

c.    Kunjungan ke Lembaga Modern: Mengatur kunjungan ke Dinas Pariwisata atau perusahaan swasta yang bergerak di bidang perikanan atau agrowisata untuk melihat langsung proses kerja yang lebih modern.

3.      Modul “Pilihan Pasca Lulus”: Modul ini membantu siswa membuat keputusan yang tepat tentang sekolah lanjutan, dengan aktivitas:

a.    "Simulasi Pilihan Sekolah": Guru BK memfasilitasi sesi diskusi kelompok untuk membedah pilihan sekolah menengah atas, baik SMA (umum) maupun SMK (kejuruan).

b.    "Kunjungan Virtual/Langsung": Mengajak siswa mengikuti tur virtual ke SMK atau sekolah kejuruan lain yang relevan (misalnya, SMK Pariwisata, SMK Perikanan) atau bahkan kunjungan langsung jika memungkinkan.

c.    "Tes Minat dan Bakat Digital": Menggunakan aplikasi atau platform online untuk membantu siswa mengidentifikasi minat dan bakat mereka, yang kemudian bisa menjadi dasar dalam memilih jurusan.

 Narasumber

Program ini akan melibatkan berbagai narasumber, termasuk:

 1.      Suhardin, S.Pd., M.M. (Kepala Sekolah) sebagai inisiator dan pengarah program.

 2.      Bapak Furkan Hadikusuma, S.Pd. (Guru BK) sebagai koordinator Pelaksanaan program.

 3.      Ariadin, S.Pd. (Guru) sebagai pendamping yang membimbing siswa menggali potensi.

 4.      Tokoh masyarakat lokal (nelayan, petani, pengusaha, pengelola wisata) sebagai narasumber praktisi.

 5.      Dinas terkait (Dikpora, Pariwisata) untuk memberikan dukungan dan informasi.

 Target Hasil Program

 1.      Siswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang potensi karir di sekitar mereka.

 2.      Siswa mampu mengaitkan minat dan bakat pribadi dengan peluang karir di masa depan.

 3.      Siswa dapat menentukan pilihan sekolah lanjutan yang lebih terarah dan sesuai dengan potensi diri.

 4.      Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berwirausaha dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

 Skedul Pelaksanaan Inovasi

1.      Bulan: Agustus 2024

Minggu ke-4 (26-31 Agustus): Tahap Sosialisasi dan Persiapan

a.    26 Agustus: Rapat koordinasi tim pelaksana, guru, dan perwakilan orang tua.

b.    28 Agustus: Sosialisasi program "JALUR DIRI" kepada siswa kelas 9.

c.    30-31 Agustus: Pelaksanaan tes minat dan bakat digital untuk memetakan kecenderungan karir awal siswa.

2.      Bulan: September 2024

Minggu ke-1 & 2 (2-14 September): Modul I - Jejak Profesi Lokal

a.    5-7 September: Sesi diskusi "Diskusi Karir Lintas Generasi" dengan mengundang tokoh nelayan dan petani sukses.

b.    12-14 September: Kunjungan lapangan "Sehari Bersama Pak Nelayan/Ibu Petani" di wilayah pesisir dan lereng gunung (dibagi menjadi dua kelompok).

Minggu ke-3 & 4 (17-28 September): Modul II - Merangkai Masa Depan Digital

a.    17-19 September: Workshop keterampilan digital: "Mempromosikan Potensi Lokal via Media Sosial" (cara membuat foto/video dan konten yang menarik).

b.    26-28 September: Pelatihan singkat "Pemandu Wisata Cilik" untuk objek wisata terdekat.

3.      Bulan: Oktober 2024

Minggu ke-1 & 2 (1-12 Oktober): Modul III - Pilihan Pasca-Lulus

a.    4-5 Oktober: Sesi bimbingan "Simulasi Pilihan Sekolah" (bedah kurikulum SMA dan SMK yang relevan dengan potensi lokal).

b.    11-12 Oktober: Kunjungan virtual ke SMK Perikanan dan SMK Pariwisata di wilayah sekitar Bima.

Minggu ke-3 & 4 (14-26 Oktober): Tahap Peningkatan Kapasitas

a.    18-19 Oktober: Praktik membuat produk atau olahan dari hasil sumber daya alam lokal (misalnya: olahan ikan, kerajinan dari kayu/bambu).

b.    25-26 Oktober: Pembuatan portofolio digital berisi hasil workshop dan refleksi siswa.

4.      Bulan: November 2024

Minggu ke-1 & 2 (4-16 November): Tahap Evaluasi dan Pelaporan

a.    4-6 November: Evaluasi program melalui kuesioner dan diskusi terfokus.

b.    7 November: Presentasi hasil dan pengalaman siswa selama mengikuti program "JALUR DIRI".

c.    11 November: Penyusunan laporan akhir dan dokumentasi inovasi.

 Dengan skedul yang terencana ini, program "JALUR DIRI" diharapkan dapat terlaksana dengan efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masa depan siswa SMPN 10 Kota Bima.