Contoh Skenario Pembelajaran Auditori

Oleh: Suhardin,S.Pd.,M.M.
Skenario Pembelajaran Auditori
* Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
* Kelas/Semester: VII / Ganjil
* Materi Pokok: Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945
* Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
* Menjelaskan secara lisan proses perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945.
* Mengidentifikasi tokoh-tokoh penting yang terlibat dalam proses tersebut melalui pendengaran.
* Menghargai nilai-nilai musyawarah yang terkandung dalam proses perumusan UUD NRI Tahun 1945.
B. Model dan Pendekatan Pembelajaran
* Pendekatan: Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengomunikasikan)
* Model Pembelajaran: Kooperatif, dengan penekanan pada aktivitas diskusi dan presentasi lisan.
* Media/Alat:
* Perangkat audio (speaker/headset).
* Audio rekaman narasi (seperti drama radio atau podcast) tentang sejarah perumusan UUD NRI 1945.
* Buku paket PKN (untuk referensi verbal).
* Kartu pertanyaan (berisi pertanyaan yang akan didiskusikan).
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
* Guru memulai pelajaran dengan sapaan dan doa.
* Untuk menarik perhatian siswa auditori, guru memulai dengan memutar cuplikan suara historis atau sound effect yang dramatis (misalnya, suara kerumunan, ketukan palu, atau pidato singkat tokoh).
* Guru mengajukan pertanyaan pancingan secara verbal: "Dari suara yang kalian dengar, kira-kira kita akan membahas tentang peristiwa apa?"
* Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan menjelaskan bahwa pembelajaran akan banyak menggunakan indera pendengaran dan aktivitas berbicara.
2. Kegiatan Inti (60 Menit)
* Tahap 1: Mendengarkan Secara Aktif (20 Menit)
* Siswa diminta untuk menyiapkan alat tulis, duduk dengan tenang, dan fokus mendengarkan.
* Guru memutar rekaman audio narasi (podcast/drama radio) yang telah disiapkan. Narasi ini harus disusun secara kronologis, dilengkapi dengan intonasi yang jelas, dan jika memungkinkan, efek suara untuk menghidupkan suasana.
* Narasi mencakup poin-poin penting seperti:
* Pembentukan BPUPKI dan PPKI.
* Tokoh-tokoh yang berperan (misalnya, Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Soepomo, Mr. Mohammad Yamin).
* Proses sidang-sidang yang penuh musyawarah.
* Pengesahan UUD 1945.
* Siswa diperbolehkan mencatat poin-poin penting yang mereka dengar.
* Tahap 2: Diskusi Kelompok (25 Menit)
* Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil.
* Setiap kelompok diberikan satu atau dua kartu pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam rekaman audio. Contoh pertanyaan:
* "Siapa saja tokoh yang paling sering disebut dalam rekaman audio, dan apa peran mereka?"
* "Pada tanggal berapa UUD 1945 disahkan, dan siapa yang memimpin sidang saat itu?"
* "Bagaimana suasana sidang perumusan UUD 1945 digambarkan dalam narasi audio?"
* Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban secara lisan. Guru berkeliling mendengarkan diskusi dan memberikan bimbingan verbal.
* Tahap 3: Presentasi Lisan (15 Menit)
* Setiap kelompok mengutus perwakilannya untuk menyampaikan hasil diskusinya secara lisan di depan kelas.
* Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapi atau bertanya secara lisan.
* Guru memberikan apresiasi dan umpan balik verbal yang positif untuk setiap presentasi.
3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
* Guru bersama siswa merangkum pembelajaran dengan format tanya jawab lisan. Guru mengajukan pertanyaan dan siswa menjawabnya secara bergiliran.
* Guru memberikan penguatan materi dengan menekankan pentingnya mendengarkan pendapat orang lain (musyawarah) sebagai cerminan dari proses perumusan UUD 1945.
* Guru memberikan tugas individu sebagai pengayaan: meminta siswa untuk mewawancarai salah satu anggota keluarga tentang makna UUD 1945 dan merekamnya sebagai audio.
* Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam penutup.